
Proses Wawancara User dan HRD adalah tahapan untuk
berkomunikasi secara langsung antara pihak perusahaan/institusi dengan calon
karyawan untuk klarifikasi kualitas kandidat secara soft skill dan hard skill. Kunci
utama dalam proses interview HRD bergantung pada kemampuan kandidat dalam
menjelaskan seluruh kualifikasi dengan jelas dan sistematis karena pada proses
ini penilaian cenderung bersifat objektif. Hal ini disebabkan pihak HRD ingin
mengambil kandidat yang memiliki kualifikasi terbaik agar ketika di dalam
perusahaan/institusi dapat memberikan kontribusi yang maksimal dan tidak
memerlukan banyak pelatihan sehingga akan menghemat keuangan perusahaan.
Berikut ini adalah 10
tips sukses interview kerja yang perlu Anda terapkan agar dapat menarik
perhatian HRD:
1. Lakukan Riset Seputar Perusahaan, HRD dan
Lowongan Kerja
Kunci kesuksesan
interview kerja terletak pada sejauh mana pengetahuan Anda. Setidaknya Anda
harus memiliki informasi mengenai perusahaan, kualifikasi pekerjaan, dan latar
belakang HRD yang akan mewawancarai Anda. Semakin dalam riset yang Anda
lakukan, semakin Anda memahami perusahaan sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan baik.
2. Pelajari
Pertanyaan-Pertanyaan Umum dan Siapkan Jawaban Anda
Tujuan Anda adalah
memastikan jenis pertanyaan yang akan muncul sehingga Anda bisa menyiapkan
jawaban yang terbaik. Salah satu cara terbaik agar bisa mengingat jawaban Anda
adalah dengan membuatnya ke dalam bentuk cerita. Anda tak perlu menghafalnya,
akan lebih baik jika Anda bisa melakukan improvisasi secara spontan.
3. Kenakan
Pakaian yang Sesuai
Siapkanlah pakaian
yang tepat untuk wawancara kerja Anda. Usahakan untuk bisa tampil profesional.
Pastikan juga pakaian yang Anda kenakan dalam keadaan bersih dan rapi, serta
telah disetrika terlebih dahulu. Minimalisasikan penggunaan aksesoris dan
perhiasan.
4. Datang
Tepat Waktu, Rileks dan Siap untuk Memulai Interview
Tak ada alasan untuk datang telat saat interview
kerja. Usahakan untuk datang 15 menit lebih awal dari jadwal interview untuk
berjaga-jaga bila Anda harus mengisi formulir tambahan sebelum wawancara kerja.
Ini juga memberi Anda cukup waktu untuk bersiap-siap dan rileks sebelum
interview dimulai. Anda juga bisa mengobservasi situasi di tempat kerja jika
Anda datang lebih cepat.
5. Berilah
Kesan Pertama yang Baik
Ground rule saat interview yang
perlu Anda ingat adalah untuk selalu bersikap ramah dan berikan salam hangan ke
setiap orang yang Anda temui. HRD terkadang penasaran bagaimana sikap
kandidat dalam memperlakukan karyawan lainnya. Jika Anda bersikap kurang baik,
tentunya ini akan mempengaruhi kesuksesan wawancara kerja Anda.
6. Berikan
Jawaban yang Otentik, Fokus, Meyakinkan, Singkat dan Jelas
Saat interview dimulai, poin terpenting adalah
kualitas dan cara penyampaian Anda dalam merespon pertanyaan dari HRD. Goal
Anda adalah memberikan jawaban yang otentik dan jujur terhadap pertanyaan yang
diberikan oleh HRD. Siapkan jawaban yang solid berikut contoh dari
solusi Anda dan juga pencapaian yang pernah Anda lakukan. Namun, pastikan
jawaban yang Anda berikan singkat dan jelas.
7.
Perhatikan Bahasa Tubuh Anda
bahasa tubuh yang buruk tentunya dapat mempengaruhi
penilaian HRD terhadap Anda. Penggunaan bahasa tubuh yang efektif mencakup
senyuman, kontak mata, postur yang tegap, pendengar yang aktif dan
mengangguklah seperlunya. Jauhilah melakukan bahasa tubuh yang buruk seperti sikap
duduk yang membungkuk, memberikan tatapan kosong, memainkan pena Anda,
menyentuh wajah Anda, dan sebagainya.
8. Berikan
Pertanyaan yang Cerdas
pada umumnya perusahaan/HRD bisa menilai apabila
kandidat memiliki minat pada pekerjaan yang ditawarkan, jika kandidat tersebut
mampu memberikan pertanyaan. Jadi, meskipun HRD telah menyampaikan informasi
seputar lowongan kerja secara mendetail, Anda tetap harus mengajukan pertanyaan
saat diminta. Hal ini menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset sebelumnya
dan memiliki minat yang kuat.
9.
Promosikan Diri Anda Sebaik Mungkin
Kandidat dengan kualifikasi paling tinggi belum
tentu akan dipilih oleh HRD. Umumnya, kandidat yang keluar sebagai pemenang
adalah mereka yang mampu memberikan respon yang baik saat interview kerja.
Mereka yang mampu ‘menjual’ dirinya dengan baik, menunjukkan bahwa dirinya
adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut adalah kandidat yang umumnya
sukses saat interview kerja.
10.
Sampaikan Terima Kasih secara Langsung, Email atau Pos
mengucapkan terima kasih kepada setiap individu
yang mewawancarai Anda. Anda bisa memulainya dengan berterima kasih pada hari
interview sebelum Anda meninggalkan ruang interview. Mengirimkan ucapan terima
kasih melalui email setelah Anda selesai interview bukan menjadi jaminan bahwa
Anda akan diterima. Namun, dengan melakukan hal tersebut Anda akan tampil lebih
mencolok di mata HRD dibandingkan dengan kandidat yang tidak memberikan ucapan
terima kasih.
Komentar
Posting Komentar