
Kompensasi atau balas jasa merupakan salah satu faktor yang sangat penting baik untuk kepentingan pekerjaan maupun untuk kepentingan perusahaan. Penentuan kompensasi atau balas jasa yang sesuai hendaknya berdasarkan atas hasil usaha perusahaan sebagai prestasi karyawan. Kompensasi tidak hanya dapat diberikan dalam bentuk uang, tetapi dapat juga berbentuk materil atau benda. Hal ini dikarenakan prestasi yang diberikan kadang-kadang sukar dinilai dengan uang, kompensasi yang diberikan oleh perusahaan dapat berupa fasilitas atau kemudahaan bagi karyawaannya.
Pada dasarnya kompensasi itu
dapat dibagi menjadi dua aspek yaitu kompensasi langsung dan kompensasi tidak
langsung.
PT.
Teso Indah adalah perusahaan yang bergerak bidang perkebunan kelapa sawit.Untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan membutuhkan tenga kerja yang memiliki jiwa semangat
dan gairah kerja yang sangat tinggi agar dapat menunjang produktivitas dalam meningkatkan hasil.
Dalam usaha meningkatkan produktivitas karyawan, perusahaan memberikan berbagai perhatian terhadap karyawanya. Salah satunya dengan kenaikan gaji secara
berkala yang diukur berdasarkan prestasi kerja
karyawan tersebut.
Tabel Operasional Variabel Peneltian Pada PT.
Teso Indah
Kompensasi
|
Indikator
|
Sub Indikator
|
Pengukuran
|
1.kompen-
sasi langsung.
|
A. Gaji
|
a.
tingkat kualitas kerja jika disesuaikan dengan gaji yang diberikan oleh perusahan
b.
tanggung jawab perusahaan terhadap pemberian gaji bulan
c. besarnya gaji sesuai
dengan kebutuhan bulanan karyawan
|
Baik Cukup baik
Kurang baik
|
B. Upah
|
a.
upah yang diterima jika
disesuaikan jam kerja
b.
upah yang sesuai dengan yang
disepakati
c.
upah lembur yang diterima jika disesuaikan dengan jam lembur
d.
tanggapan pengajuan complain
terhadap upah
e.
pemberian THR (tunjangan hari
raya)
f.
pelayanan dalam pemberian upah yang tidak menyulitkan
g. kesepakatan mengenai jumlah upah yang diterima
|
Baik Cukup baik
Kurang baik
|
h.
prosedur penerimaan upah
i. pemotongan upah yang diterima
j.
ketepatan waktu dalam pemberian upah
|
|||
C. Insentif
|
a.
pembagian intensif jika disesuaikan dengan kinerja
b.
pemberian insentif setelah
pencapaian prestasi
c.
pemberian insentif berjalan dengan
baik
|
Baik
Cukup baik
Kurang baik
|
|
2.kompen-
sasi tidak langsung
|
D. Fasilitas kerja
|
a.
Penyediaan fasilitas
penunjang kinerja
b.
kelengkapan fasilatas kerja memenuhi standar
c.
program pemeliharaan
terencana
|
Baik Cukup baik
Kurang baik
|
E. Tunjan- gan Keama- nan dan pensiun
|
a.
Tingkat Kemanan didalam
lingkungan perusahaan
b.
penyediaan alat-alat perlindungan kesehatan
c.
program pensiun yang diberikam oleh
perusahan
|
Baik Cukup baik
Kurang baik
|
|
C.
Bantuan untuk musibah /
santunan
|
a.
pemberian bantuan jika mendapatkan musibah
b.
pemberian bantuan terlaksana dengan baik
|
Baik
Cukup baik
Kurang baik
|
|
D. Asuransi Karya- wan
|
a.
pemberian asuransi yang diberikan oleh perusahaan
b.
prosedur pemberian asuransi jika
mengajukan klaim
|
Baik
Cukup baik
Kurang baik
|
|
E. Fasilitas Lainnya
|
a.
pemberian fasilitas
tambahan untuk karyawan
b.
perawatan fasiltas-fasiltas yang digunakan
karyawan
c.
program pemeliharaan terencana terhadap fasiltas yang digunakan
|
Baik
Cukup baik
Kurang baik
|
Jadi dapat
disimpulkan bahwa kompensasi adalah semua jenis penghargaan yang berupa uang
atau bukan uang yang diberikan kepada karyawan secara layak dan adil atas jasa
mereka dalam mencapai tujuan perusahaan.
Sumber:
Komentar
Posting Komentar