- Barang dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran. Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan).
- mengapa harga dapat memberikan dorongan kepada produsen untuk membuat suatu produk? karena naik turunnya harga berdampak langsung terhadap produsen. kita ambil contoh jika terjadi kenaikan harga bahan baku pada produsen tempe dan pakaian. bagi para produsen tempe mau tidak mau mengecilkan ukuran tempenya, tetapi apakah solusi itu bisa berlaku untuk produsen pakaian? tentu tidak. yang produsen pakaian lakukan adalah menggunakan bahan kualitas dibawah kualitas bahan yang ia pakai sebelum adanya kenaikan harga bahan baku. masyarakat pun mau tidak mau membeli pakaian yang kualitasnya kurang baik. hal ini berpengaruh pula terhadap konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. masyarakat di Indonesia cenderung menginginkan harga yang murah dan menomerduakan kualitas. jadi, biasanya sebagian besar masyarakat akan memilih harga terendah yang ia bisa dapatkan daripada mencari kualitas terbaik. jadi menurut saya harga berpengaruh sangat penting terhadap penetapan pembeliannya karena masyarakat cenderung mencari harga termurah.
- Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar adalah PT Sinar Sosro. manfaatnya pada jangka panjang yaitu dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan pelanggan yang pada akhirnya dapat mempertahankan serta meningkatkan faktor penjualan. Dalam menunjang hal tersebut memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan dan konsumen sangatlah diperlukan. Namun, bukan suatu hal yang mudah untuk melaksanakannya dikarenakan adanya faktor heterogenitas pada konsumen. Hal ini terdiri dari sudut keinginan yang berbeda, kemampuan untuk membeli produk, domisili, jumlah (kuantitas), dan faktor lainnya. Di pihak lain, perusahaan mempunyai keterbatasan dalam kemampuan, sehingga tidak memungkinkan untuk melayani kebutuhan semua konsumen dengan baik dan akurat.Keinginan untuk dapat memberikan yang terbaik pada pelanggan, perlu ditindaklanjuti dengan berbagai upaya. Oleh karena itu, di antara konsumen yang berjumlah banyak dan beraneka ragam perlu dipilih sebagian untuk dijadikan target pasar. Pemilihan sebagian di antara konsumen untuk diputuskan sebagai kelompok yang ingin dilayani perusahaan dengan sebaik-baiknya, harus didasarkan pada sumber daya perusahaan sehingga dapat didayagunakan secara maksimal. Kegiatan pemasaran harus dilaksanakan secara efisien dan efektif yang memungkinkan pelanggan dapat dilayani dengan baik. Tujuan akhir berupa tercapainya peningkatan volume penjualan dan penghematan biaya perusahaan.
Sumber : id.wikipedia.org , imassitimasfufah.wordpress.com
Komentar
Posting Komentar